You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Lalanglinggah
Desa Lalanglinggah

Kec. Selemadeg Barat, Kab. TABANAN, Provinsi Bali

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Lalanglinggah - Kecamatan Selemadeg Barat - Kabupaten Tabanan - Provinsi Bali

Kegiatan Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024 Desa Lalanglinggah

Administrator 02 April 2024 Dibaca 97 Kali
Kegiatan Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024 Desa Lalanglinggah

Kegiatan Bulan Bahasa Bali Kaping VI Warsa 2024 yang mengusung tema "Jana Kerthi : Dharma Sadhu Nuraga" di Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten telah diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 21 Maret 2024 yang di buka oleh Perbekel Desa Lalanglinggah Bapak I Nyoman Arnawa, SE.

Bulan Bahasa Bali merupakan altar pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali, sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan, dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri Krama Bali. Pada tahun 2024 ini, Bulan Bahasa Bali VI mengusung tema "Jana Kerthi : Dharma Sadhu Nuraga". Jana Kerti yang berarti tegaknya kesucian atau keseimbangan dalam diri sendiri, bertujuan untuk dapat menguatkan vibrasi energi positif pada diri kita sebagai manusia, Dimana, Jana Kerthi dapat dilakukan dengan pengembangan spiritual, intelektual dan juga memperkuat nilai-nilai kebudayaan Bali sebagai wujud dari bhakti kepada leluhur masyarakat Bali. Melihat betapa pentingnya Jana Kerthi ini, maka sudah menjadi kewajiban dari setiap komponen masyarakat, seperti pemerintah daerah, desa adat, sekehe teruna-teruni, akademisi, pengusaha serta masyarakat umum untuk ikut berperan aktif dalam menjaga keharmonisannya.

Sejumlah kegiatan serangkaian Bulan Bahasa Bali VI tahun 2024 diselenggarakan dalam berbagai bentuk kegiatan dan sebagai wujud impelementasi dari Program tersebut Pemerintah Desa Lalanglinggah menyelenggarakan wimbakara (lomba) seperti Nyurat Aksara Bali yang diikuti oleh Peserta Didik tingkat SD Se-Desa Lalanglinggah dan Lomba Mesatua Bali yang diikuti oleh Pakis (Paiketan Krama Istri) yang ada di Desa Lalanglinggah. Kegiatan lomba ini berlangsung di Balai Serbaguna Desa Lalanglinggah dan di hadiri oleh Camat Selemadeg Barat yang diwakili oleh Kasi Kesra Ibu Ni Made Sirniti, SE, Bendesa Alitan MDA Kecamatan Selemadeg Barat, Penyuluh Agama Hindu Kecamatan Selemadeg Barat, Penyuluh Bahasa Bali Kecamatan Selemadeg Barat, Bendesa Adat se-Desa Lalanglinggah, Ketua BPD Desa Lalanglinggah beserta anggota, Ketua LPM Desa Lalanglinggah beserta anggota, Guru Paud Panca Widya Kumara dan Kelompok Bermain Srikandi, Guru TK Negeri Selemdeg Barat dan seluruh Peserta Lomba.