Dari Rantau

Om Swastyastu!

Puja dan puji syukur saya panjatkan kehadapan Sang Hyang Widhi Wasa atas karunia-Nya telah berhasil saya persembahkan website : www.lalanglinggah.desa.id. Teriring doa semoga kehadiran website ini bermakna bagi kemajuan dan keberhasilan masa depan Desa Lalanglinggah.

Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang diberikan Bapak I Nyoman Parwata Aryanto selaku Kepala Desa Lalanglinggah, Bapak I Nengah Sudiarsa selaku Sekretaris Desa dan I Wayan Adi Suryanta selaku Kaur Pemb. kepada saya sebagai seorang warga Desa Lalanglinggah yang hidup di rantau untuk memberikan punia sesuai dengan keahlian yang kami miliki.

Perlu waktu sekitar delapan bulan kalau dihitung sejak saya menyerahkan Proposal Membangun Website Desa Lalanglinggah di Kantor Desa pada hari Selasa, 18 Agustus 2015. Astungkara website disetujui olek Kemenkoinfo pada hari Jumat 01 April 2016. Kemudian hari Minggu, 10 April 2016 website sudah bisa published.

Saya sangat mengapresiasi inisiatif Kepala Desa Lalanglinggah untuk membuat website tersebut di atas sebagai bagian dari implementasi penyelenggaraan pemerintahan yang baik, bersih dan transparan di semua tingkatan, tidak terkecuali pemerintahan desa. Perkembangan teknologi informasi komunikasi (TIK) sangat pesat telah merambah setiap lapisan masyarakat. Berbagai infrastruktur dan aplikasi TIK dikembangkan dan diperkenalkan pada masyarakat sebagai upaya menuju masyarakat informasi dunia (World Information Society).

Sayangnya, pengetahuan TIK ini lebih banyak dikenal dan dikuasai masyarakat urban yang dekat dengan pusat-pusat infrastruktur dan pengetahuan. Masyarakat rural atau masyarakat perdesaan belum banyak yang mengenal dan menguasai berbagai aplikasi TIK baik karena infrastruktur yang kurang memadai maupun keterampilan penguasaan TIK. Padahal, masyarakat perdesaan memiliki hak yang sama dan potensi untuk digali demi memajukan perekonomian perdesaan. “Suara Warga” ini adalah salah satu upaya untuk mencerdaskan masyarakat perdesaan dalam bidang TIK. Melalui tulisan ini, masyarakat desa diharapkan bisa mengambil manfaat untuk meningkatkan taraf hidup dengan menggali potensi yang dimiliki.

Saya sebagai “Admin Sementara” menyadari bahwa website ini masih jauh dari kesempurnaan, maka kritik dan saran yang membangun selalu saya harapkan dari semua pihak demi sempurnanya  website www.lalanglinggah.desa.id ini serta dapat berguna untuk kemajuan Generasi Muda Desa Lalanglinggah selanjutnya.

Saya percaya, semua sukses harus diraih lewat sebuah proses. Di dalam proses itu, ada pula yang namanya growing pain. Masa-masa “sakit” sebelum akhirnya merasakan kepuasan atau kesenangan luar biasa. Dan, untuk sukses yang sesungguhnya, masa sakit itu hukumnya wajib untuk dijalani. Di dunia ini tidak ada yang gampang dan yang sulit tidak bisa begitu saja dihindari.

Demikian semoga dapat memberi manfaat bagi Masyarakat Desa Lalanglinggah. Swaha!

Om Astungkarah Namah Swaha.

Om Santih Santih Santih Om.

Surabaya, 22 April 2016

I Nyoman Sunaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *