Pantai Balian, Pantai Berpasir Hitam Yang Menjadi Tempat Bermain Para Peselancar di Tabanan, Bali

Tidak ada yang meragukan Pulau Bali sebagai salah satu penyedia pantai paling wahid di Indonesia. Keindahan pantai-pantai di Bali telah diakui oleh para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.
Di Bali, kita bisa menemukan pantai-pantai sesuai keinginan. Mau yang sepi atau yang rame, semua ada di Bali.
Salah satu kegiatan yang lazim dilakukan oleh para wisatawan di Bali adalah berselancar. Di kabupaten Tabanan, ada sebuah pantai yang sangat digemari oleh para surfer yakni Pantai Balian. Ombak di pantai ini sangat pas untuk melaksanakan hobby surfing.
Pantai Balian sedikit berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada di Bali. Jika pada umumnya pantai-pantai di Bali memiliki pasir putih, tidak demikian dengan Balian. Pantai Balian memiliki pasir berwarna hitam namun tetap memiliki pesona yang memukau. Terlebih lagi karna pantai ini termasuk sepi. Yang datang ke pantai ini biasanya adalah mereka yang memang berniat untuk berselancar.
Balian Beach IconSalah satu sebab kenapa pantai ini tidak terlalu ramai – meski memiliki pemandangan yang indah – mungkin adalah karena lokasinya yang cukup jauh. Butuh waktu sekitar 2 jam dari Bandara Ngurah Rai untuk bisa sampai ke pantai ini.
Sebagai pantai yang sering dijadikan tempat untuk bermain selancar, Pantai Balian memiliki ombak yang cukup tinggi dengan tipe reef-rockly — dari kanan ke kiri. Semua peselancar dari berbagai level bisa mencoba untuk memainkan papan selancar mereka di pantai ini.
Meski lebih populer sebagai pantai untuk surfing, bukan berarti pantai ini tidak menarik untuk kegaitan lainnya. Kamu yang tidak hobby berselancar pun bisa berkunjung ke pantai ini untuk merasakan suasananya yang syahdu. Suasana di Pantai Balian tidak sebising Kuta atau Legian sehingga kita bisa merasakan ketenangan dan kedamaian di pantai ini.
Sekedar saran, jika kamu memang berniat untuk berselancar di pantai ini, sebaiknya datang sebelum jam 11 siang karna pada jam-jam tersebut angin darat akan berembus lebih kencang sehingga bisa membuat kegiatan surfingmu menjadi semakin menyenangkan dan menantang.
Lokasi
Desa Lalalinggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Tabanan, Bali.