Potensi Sumber Daya Manusia

Jumlah penduduk Desa Lalanglinggah berdasarkan hasil sensus pada tahun 2010, adalah sebanyak 3.834 jiwa, terdiri dari 1.906 jiwa penduduk laki-laki dan 1.928 jiwa penduduk perempuan, yang terdiri dari 1.191 KK. Sedangkan jumlah RTM sabanyak 112 RTM dengan 339 orang anggota keluarga.

Struktur penduduk menurut pendidikan menunjukkan kualitas sumber daya manusia yang dipunyai desa Lalanglinggah, yaitu yang berusia pada usia pendidikan dasar 7 tahun s/d 16 tahun (pendidikan sekolah dasar dan menengah) yang belum pernah sekolah 0 %, sedang mengikuti pendidikan 100 % dan sisanya 0 % tidak bersekolah lagi.

Sedangkan yang berusia diatas 16 tahun (diatas usia pendidikan dasar) yang belum pernah sekolah 3 %, sedang mengikuti pendidikan 90 % dan sisanya 7 % tidak bersekolah lagi, baik pada tingkat lanjutan dan perguruan tinggi.

Struktur penduduk menurut mata pencaharian menunjukkan bahwa sebagian besar penduduk menggantungkan sumber kehidupannya di sektor pertanian (60 %), sektor lain yang menonjol dalam penyerapan tenaga kerja adalah perdagangan (20 %), sektor industri rumah tangga dan pengolahan (2 %), sektor jasa (8 %) dan sektor lainnya seperti pegawai negeri, karyawan swata dari berbagai sektor (10 %).

Struktur penduduk menurut agama menunjukkan sebagian besar penduduk Desa Lalanglinggah, beragama Hindu (99 %), Islam (0.1 %), Budha (0 %), Kristen Protestan (0.9 %) .

Dalam konteks ketenagakerjaan ditemukan bahwa 100 % penduduk usia kerja yang didalamnya 80 % angkatan kerja dan 20 % bukan angkatan kerja. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) 100 %.

Kebudayaan daerah Desa Lalanglinggah, tidak terlepas dan diwarnai oleh Agama Hindu dengan konsep “Tri Hita Karana” (hubungan yang selaras, seimbang dan serasi antara manusia dengan Tuhannya, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungannya)